Bank Garansi mahluk apa itu ?

Bank Garansi mahluk apa itu ?

Secara harfiah Bank garansi adalah penjaminan yang diberikan oleh Bank.

Kenapa bisa timbul Bank Garansi ?

Kita umpamakan ada dua orang A dan B masing masing sudah mengenal pekerjaannya, si A sebagai kontraktor, sedangkan si B adalah orang yang akan membuat sebuah bangunan/Rumah(pemilik proyek).

Karena A dan B sudah saling mengenal dan mengetahui pekerjaan nya, kira kira dibutuhkan jaminan tidak ? Karena sudah saling percaya dan nsudah mengetahui hal pekerjaannya kemungkinan besar tidak membutuhkan Jaminan.

Bagaimana hal nya dengan si A dan Si B tidak saling mengenal dan akan mengerjakan sebuah pekerjaan, kira kira si B sebagai pemilik pekerjaan apakah akan percaya dengan pekerjaan si A ?, kemungkinan besar tidak. Bagaimana solusinya ? Karena antara pihak A dan B tidak saling mengenal maka dibutuhkan pihak ke tiga yang dipercaya, yaitu BANK.

Karena ada pihak ke tiga yang dipercaya yaitu BANK maka pihak BANK yang akan menjamin pekerjaan si A, agar si B mempercayai pekerjaan si A. Dan BANK akan melakukan pembayaran kepada pihak B apabila dalam suatu waktu pekerjaan si A tidak sesuai dengan harapan si B, maka bank akan mengganti kerugian pihak si B.

Nah itu gambaran sederhannya.

Jadi ada pihak-pihak yang terkait dengan transaksi ini yaitu

  1. Applicant ( sebagai pekerja/Kontraktor)
  2. Beneficiary ( pemilik pekerjaan )
  3. Bank sebagai penjamin

Bagaimana mekanismenya agar Beneficiary mendapatkan jaminan dari pihak BANK?

Biasanya antara Applicant dengan Beneficiary akan mengadakan perjanjian yang isinya dituangkan dalam Kontrak, termasuk hal-hal yang terkait dengan penjaminan. Apabila kontrak sudah di sepakati, maka Applikan akan mengunjungi Lembaga yang dipercaya yaitu BANK, untuk mengajukan penjaminan. Pihak BANK akan melakukan proses penerbitan Jaminan dengan ketentuan sesuai masing masing BANK, apabila seluruh persyaratan telah sesuai dan lengkap maka BANk akan menerbitkan surat Jaminan yang disebut dengan B ANK GARANSI. Bank Garansi ini diatur oleh SK Direksi BI No. 23/88/KEP.DIR tanggal 18 Maret 1991 tentang Pemberian Garansi BANK.